26 Des 2015

Cara memesan tiket kereta api di situs PT KAI

Sebenarnya ada banyak alternatif cara pemesanan tiket kereta api saat ini. Namun perlu diketahui bahwa situs resmi pemesanan tiket kereta api di Indonesia adalah https://tiket.kereta-api.co.id.


Hal yang Anda lakukan untuk memesan tiket kereta api adalah

1. Kunjungi Situs tiket.kereta-api.co.id

Tampilan Awal

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah terhubung dengan situs resmi PT KAI tersebut.


2. Pilih Tanggal Keberangkatan, Stasiun Asal, Stasiun Tujuan & Jumlah penumpang

Lihat kotak merah

Setelah berhasil masuk ke situs, Anda akan dihadapkan dengan kolom - kolom untuk reservasi tiket, isilah data - data tersebut sesuai dengan asal, tujuan stasiun Anda, waktu keberangkatan kereta Anda, dan jumlah penumpang yang akan naik kereta api bersama Anda (kotak merah). Setelah mengisi kemudian klik "Tampilkan"

3. Pilih Kereta Api 

Pilih Kereta
Keterangan Gambar:
Kotak Merah: Nama KA
Kotak Biru: Kelas KA
Kotak Hijau: Waktu keberangkatan
Kotak Ungu: Harga tiket
Kotak Hitam: Status ketersediaan KA
Kotak Kuning: Pilihan seperti nomor 2 diatas

Setelah mengisi data sebagaimana nomor 2, sekarang waktunya Anda melihat dan memilih kereta api mana yang ingin Anda gunakan. Jika KA masih tersedia maka Anda dapat melakukan pemesanan dengan menekan kotak "Booking". Sedangkan jika tiket KA sudah tidak tersedia maka akan tertulis "Habis", kemudian ada juga keterangan tiket "Tersedia" yakni pemesanan hanya bisa dilakukan dengan cara offline atau harus langsung di stasiun. Jika Anda ingin mengetahui ketersediaan tiket arahkan kursor ke tulisan "Booking" tapi jangan di klik cukup arahkan saja maka nanti akan muncul jumlah tiket atau sisa kursi yang tersedia.

4. Info Pemesanan

Tampilan setelah mengklik "Booking"

Setelah menekan tombol " Booking" selanjutnya Anda akan diarahkan menuju halaman ketentuan dan syarat pemesanan. Sebelum menekan "Lanjutkan" centang persetujuan syarat dan ketentuan yang terdapat diatas tulisan "Lanjutkan".

5. Isi data pemesanan

Isi data

Setelah menekan "Lanjutkan" maka langkah berikutnya adalah mengisi data penumpang berupa, Nama, Alamat Surel / E-mail, Nomor identitas, Nomor Telepon, dan alamat pemesan. Setelah mengisi data - data tersebut selanjutnya isikan kode CAPTHA untuk memastikan bahwa pemesanan dilakukan oleh manusia bukan robot, kemudian klik Selanjutnya

6. Informasi Kereta Anda

Informasi kursi

Setalah mengisi data maka Anda akan mengetahui secara detail tentang nama kereta, nomor kereta, nomor kursi dan juga biaya pemesanan yang harus dibayarkan.

7. Pilih Kursi

pilih kursi

Bagi Anda yang ingin memilih lokasi kursi yang akan digunakan bisa memilih dengan cara menekan pilihan "Pindah" yang terdapat disamping informasi nomor kursi, setelah itu Anda bisa memilih kereta serta kursi yang ingin Anda tempati.

8. Pilih Metode Pembayaran


Setelah mengisi data dan memilih kursi saatnya Anda untuk memilih metode pembayaran tiket. Metode pembayaran yang umum dilakukan adalah pembayaran mengunakan ATM. Pembayaran dengan ATM ini bisa juga dilakukan di minimarket atau payment point terdekekat ditempat Anda.
pilihan pembayaran ATM

9. Mendapatkan Kode Booking

Sebenarnya sebelum melakukan pembayaran Anda sudah mendapatkan kode booking, akan tetapi kode booking tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran. Apabila pembayaran tiket sudah dilaksanakan dan Anda mendapatkan e-mail dari pihak penyedia pemesanan, Anda akan mendapatkan kode booking berupa kombinasi huruf dan angka yang lebih singkat.

Namun, jika Anda salah mengisikan alamat email atau Anda tidak menerima pesan dari pihak jasa pemesanan maka kode booking yang pertama kali (yang digunakan untuk pembayaran) juga dapat digunakan untuk mencetak tiket di mesin CTM di stasiun terdekat.

Sekitan tutorial yang bisa saya bagikan,
Arigatou Gozaimasu :)

14 komentar

kalau lewat web ini, cuma saya buat ngecek aja. kalau pesan saya gak pernah hihi. Salam kenal mbak. maaf saya pikir tadi mas

loh...saya laki mas sandi..hehe
salam kenal juga..sneng saya punya kenalan dari blog :)

Kalau beli di loket stasiun gimana?
Bisa gak milih2 harga dan tempat duduknya?
Soalnya ribet nih via online.
pembayarannya d mna klau ofline?,, apakah bayar di loket dengan tunai?
Katanya kan gak boleh masuk stasiun jika bukan penumpang?
Apakah loket stasiun nya ada di dalam stasiun atau di sebelah pintu masuk?
Apakah boleh masuk jika ingin beli tiket?

Bisa kok beli tiket di loket stasiun, tapi harussi formulir pemesanan terlebih dahulu..bisa juga beli via indomaret nanti bisa pilih2 kereta api yamg seperti apa mulai dari kelasnya, harganya, serta bisa juga memilih tempat duduk. Biasanya loket terletak diluar stasiun. :)

Di loket stasiun bisa gak belinya pada hari pemberangkatan?
D loket stsn bisa gk beli nya 1 hr sblm pmbrngktan?
D loket stasiun bisa milih milih harga kelas tempat duduk gak?
Bisakah/bolehkah umur 16 tahun membeli tiket KA sendiri dan berangkat sendiri?

Bisa...jika masih ada..
Bisa juga 1 hari sebelum keberangkatan..
Bisa juga memilih harga, kelas, dan tempat duduk jika memang masih memungkinkan (tiket masih banyak)
Bisa, untuk kartu identitas pakai saja kartu pelajar..

selamat sore, mau tanya mas.. kalau misalkan di situ statusnya masih tersedia tapi gak bisa di booking maksudnya apa ya mas? apa saya harus pesan langsung di stasiun atau gimana?/

silahkan baca tulisan say yg judulnya "tips memesan tiket kereta api diwaktu mendadak" disitu saya bahas mengenai tiket dengan tulisan "tersedia" mas delja,
Terima kasih :)

Saya sdh berhasil dapat kode booking Mas cuma ketika dichek ada no kursi tapi no gerbongnya tdk ada. Apakah ada masalah? Ketika pesan saya tahu di gerbong 1.
Pertanyaan 2. Batas pembayaran setelah booking berapa hari ya?

Makasih Kakak
http://daftarhargatiket.com/

AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
BBM : D89CC515

bandar judi
agen terpercaya
sabung ayam

Kalo misal pilih metode pembayarannya lewat transfer batas transfer berapa hari ya mas setelah pemesanan tiket ?

Tergantung mesannya dimana, kan bisa di KAI Access kalo nggak salah sekitar 4 jam, di traveloka 3 Jam...biasanya kalo abis pesan biasanya dikasih tau kok batas bayarnya brp jam.. :)

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)
EmoticonEmoticon