10 Sep 2015

Jalan-jalan ke Dipo Lokomotif Jatinegara

Dipo Lokomotif Jatinegara



Akhirnya setelah kemarin selesai dengan banyak kegiatan didunia nyata sekarang bisa menulis lagi di Roismini.blogspot.com. Kali  ini saya akan sedikit berbagi cerita dengan pembaca setia Roismini tentang perjalanan kunjungan saya dengan seluruh rekan jurusan saya di DIPO LOKOMOTIF JATINEGARA.
Dipo Lokomotif Jatinegara
      Terletak didekat stasiun kereta api Jatinegara, atau tepatnya di jalan Pisangan Baru Raya  No. 1 Jakarta Timur. tidak semua orang boleh memasuki dipo lokomotif ini, semua yang ingin berkunjung harus mengajukan izin terlebih dahulu kepada kepala dipo lokomotif Jatinegara. Untuk menuju stasiun Jatinegara kalian dapat menggunakan sarana KRL jabodetabek (commuter line) dengan cara seperti tulisan saya sebelumnya (Perjalanan menggunakan krl jabodetabek)
peta dipo Jatinegara
peta dipo Jatinegara
lokomotif CC203 didepan Dipo
       Dipo Jatinegara memiliki 39 lokomotif yang terdiri dari 11 lokomotif CC201, 9 lokomotif CC203, 2 lokomotif CC204, dan 17 lokomotif CC206. Dipo Jatinegara tidak hanya melakukan perawatan untuk 39 lokomotif miliknya tetapi juga melakukan perawatan terhadap lokomotif dipo lain yang datang ke Jakarta.
     Banyak fasilitas yang terdapat dalam dipo lokomotif ini yang digunakan untuk perawatan lokomotif.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas pendukung perawatan lokomotif di dipo lokomotif Jatinegara.


1. Meja Putar Lokomotif (Turn Table)
        Hal yang pertama kali kami temui ketika masuk kedalam dipo ini adalah meja putar lokomotif (turn table).
     Meja putar ini setiap harinya beroperasi dengan menggunakan tenaga manusia. Dibutuhkan 4 orang untuk dapat memutar meja putar tersebut dengan beban lokomotif diatasnya.
lokomotif diatas meja putar
lokomotif diatas meja putar
         Pada awalnya meja putar tersebut menggunakan motor listrik untuk berputar, namun ketika musim hujan sering terjadinya genangan air didasar meja putar mengakibatkan motor listrik mudah rusak sehingga motor listrik tersebut akhirnya tidak dipasang kembali.
         Meja putar ini digunakan untuk memutar arah lokomotif dari posisi hidung panjang ke hidung pendek maupun sebaliknya. Setiap hari ada sekitar 8-15 lokomotif yang diputar di turn table ini.

2. Pengolahan limbah
      Digunakan untuk menyaring/memisahkan antara oli bekas dengan air sehingga air dapat dibuang di sungai di dekat dipo. Alat ini terletak di samping dari meja putar lokomotif.

3. Tempat penampung HSD (high speed diesel) / bahan bakar solar   
truk tangki sedang bongkar HSD
truk tangki sedang bongkar HSD
   Merupakan tempat pengisian bahan bakar lokomotif yang disuplai oleh PETRANIAGA PT. PERTAMINA. Dipo lokomotif Jatinegara membutuhkan 60.000 liter/hari HSD untuk memasok bahan bakar yang digunakan oleh lokomotif-lokomotif yang ada di dipo tersebut.

4. Tempat penyimpanan suku cadang khusus CC206
tempat penyimpanan suku cadang CC206 disamping penampung air
tempat penyimpanan suku cadang CC206 disamping
penampung air
    Didekat pintu masuk terdapat bangunan kecil yang digunakan untuk menyimpan suku cadang untuk lokomotif CC206. Tempat ini sengaja dipisahkan dari suku cadang lokomotif lain karena adanya kontrak atau garansi selama 8 tahun dari GENERAL ELECTRIC sejak pembelian lokomotif CC206 tersebut.

5. Tempat penampungan air
   Tempat penampungan air ini terletak disamping tempat penyimpanan suku cadang khusus CC206. Tangki ini dapat menampung air sekitar 15.000 liter. Terletak di atas tanah dengan tinggi sekitar 2,5 meter dari tanah.

6. Ruang suku cadang lokomotif
    Ruangan ini berada dalam gedung di dekat kantor dipo Jatinegara. Didalam ruangan ini terdapat banyak suku cadang untuk lokomotif. 
Suku cadangnya antara lain.
a.      Balok rem
b.      Kit maintenence untuk P1 (harian), P3 (3 bulanan), P6 (6 bulanan), P12 (1 tahunan)
c.      Suku cadang revisi
d.      Oli pelumas
e.      Suku cadang untuk pelistrikan
f.       Suku cadang untuk sistem pengereman 
gate crane yg sedang digunakan
gate crane yg sedang digunakan


7. Gate Crane
    Berada didalam dipo lokomotif yang digunakan untuk mempermudah mengangkat suku cadang yang berat. Contohnya untuk mengangkat bagian silinder mesin disel lokomotif.

8. Kereta penolong
    Merupakan peralatan khusus yang digunakan ketika terjadi kecelakaan untuk mendukung proses perbaikan maupun evakuasi di lokasi kejadian.
kereta penolong
kereta penolong
9. Ruang belajar
     Ruang belajar digunakan untuk menerima tamu sekaligus sebagai tempat pertemuan dan tentunya untuk belajar bagi para pengunjung dipo tersebut ruangan ini dapat menampung sekitar 50 orang.
dalam ruang belajar
dalam ruang belajar
mungkin hanya sedikit cerita pengetahuan diatas yang bisa saya bagikan. sekian terima kasih .

This Is The Oldest Page

4 komentar

Saya ingin tahu, apa sekarang BBM Lokomotif dan Genset Diesel PT KAI masih mengonsumsi HSD / Solar murni 100% atau sudah dicampur dengan Biodiesel minimal 20%? Yang sekarang dikenal sebagai Pertamina Biosolar (80 - 95% Solar mineral + 5 sampai 20% Biodiesel).

saya kurang begitu faham takaran atau campurannya, yg jelas waktu saya di Semarang pada waktu perawatan genset, disitu didapati cukup banyak residu yang berasal dari biodiesel yang mengendap di tangki dan juga filternya.

Residu (MFO) / Minyak Bakar biasa digunakan untuk BBM Diesel Kapal berukuran raksasa seperti Kapal Tanker, Kargo, dll. Residu ini termasuk hasil sulingan Minyak Bumi yang paling bawah,sedikit lebih tinggi dari Aspal. Kelihatannya semakin besar ukuran Mesin Diesel, semakin "rendah" kualitas BBM Diesel.

wah...saya bhkan belum mngetahui hal seperti ini..hehe
Terima kasih ilmunya mas Adrian :)

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)
EmoticonEmoticon