24 Oct 2016

Tips Memesan Tiket Kereta Api Diwaktu Mendadak

Tips Memesan Tiket Kereta Api Diwaktu Mendadak
Tiket kereta api

Terkadang keperluan mendadak maupun berbagai hal yang serba mendadak bisa diatasi dengan ketenangan, tetapi ada juga yang tidak mudah untuk diatasi. Salah satu hal yang bersifat mendadak tetapi tidak mudah untuk mendapatkan hasilnya adalah ketika memesan tiket kereta api disaat waktu yang mendadak, terlebih lagi jika ingin memesan tiket kereta api dengan harga yang paling murah.

23 Oct 2016

Tips Bermalam Ditempat Umum


Tips bermalam ditempat umum. Kadang kala disaat saya jalan-jalan saya suka bingung nyari tempat buat istirahat, bermalam ataupun bebersih badan. Harap maklum biasanya saya lebih suka tempat yang bisa digunakan tanpa dipatok biaya (gratis), atau paling mepet ya harus keluar uang seminim mungkin lah. Kalau sudah seperti ini alternatifnya adalah memanfaatkan tempat umum yang ada di daerah tersebut. Tempat-tempat beristirahat pun juga bermacam-macam, mulai dari kursi ruang tunggu di stasiun/terminal, Musholla/Masjid, Pom bensin, bahkan ada juga yang sempat heboh adalah di ruang Automatic Teller Machine (ATM), tapi saya belum pernah mencoba yang terakhir yang saya sebutkan loh ya, hehe.

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz

Nah, dari sekian banyak pilihan tempat umum yang bisa dimanfaatkan, saya lebih memilih menggunakan tempat ibadah, dan dalam hal ini saya adalah seorang muslim jadinya ya Musholla atau Masjid yang saya jadikan pilihan utama. Alasan memilih tempat ibadah adalah selain murah (bahkan gratis), saya juga tidak perlu bingung apabila ingin bebersih badan maupun melakukan aktifitas di kamar kecil. Selain itu saya juga tidak perlu khawatir bangun kesiangan karena setiap adzan subuh pasti bisa bangun atau mungkin dibangunkan oleh takmir masjidnya #ngerepotin.


Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Menginap di Masjid di daerah Madiun
Dari sekian banyak tempat bermalam dan segala macam keuntungan yang didapat, tentunya masih ada kekhawatiran kan soal keamanannya, jelas karena tempat-tempat yang saya sebutkan tadi adalah tempat-tempat umum yang semua orang dapat dengan mudah mengaksesnya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin sudah menjadi rahasia umum setiap orang yang akan bermalam di tempat umum, tetapi apa salahnya tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya kan.

Pastikan lokasinya

Meskipun dalam kondisi lingkungan yang umum bukan berarti semuanya memiliki tingkat keamanan yang sama, selain itu tempat-tempat umum juga memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Nah biasanya saya lebih memilih tempat umum yang aman meskipun tidak terlalu nyaman, atau syukur-syukur tempatnya aman sekaligus nyaman terus gratis pula #maunya. hehe

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Jangan diatas karpetnya lo !

O iya saya sarankan bagi siapa saja yang berencana menginap di tempat ibadah (Masjid/Mushola) jangan sampai tidur diatas sajadah/karpetnya ya, cukup tidur diluar (lantai) beralaskan jaket atau sarung bawaan sendiri. Kan nggak enak kalo waktu tidur ngiler di karpet tempat sholat, apalagi sampai ngompol jadi ribet bakalan nantinya kan.

Amankan barang

Hal berikutnya yang menurut saya paling penting ketika akan beristirahat atau menginap di tempat umum adalah mengamankan barang bawaan. Meskipun dipastikan tempatnya aman kan sebagai pendatang juga belum tahu secara pasti kalau tempat tersebut benar-benar aman atau tidak. Bahkan saking takutnya kehilangan barang bawaan, saya pernah masuk ke kamar kecil sambil membawa tas yang isinya seabrek dan lumayan berat, jadinya ya bingung sendiri waktu masuk ke ruangan kecil sambil bawa tas yang gede.

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Amankan barang-barangmu !
Setiap orang pasti nggak mau kan posisi jauh dari rumah dengan membawa barang bawaan yang cuma ada dalam tasnya terus hilang?, pasti bingung, sedih dan bercampur-campur rasa melasnya.

Bawa pakaian yang dapat menghangatkan tubuh

Bermalam ditempat umum pastinya memiliki kekurangan salah satunya yaitu kondisi udara yang terpapar langsung tanpa adanya penahan berupa tembok atau bangunan, tapi saya rasa ada juga kok tempat umum yang masih manusiawi yang nggak kayak dihutan, hehe. Lanjut, selain suhu udara biasanya ditempat umum juga cukup banyak nyamuk yang berkeliaran dan mengganggu waktu istirahat.
Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Pakai sarung biar anget :D
Nah, dari pada kedinginan dan kegatelan alangkah baiknya jika sebelumnya sudah memiliki rencana menginap atau bermalam di tempat umum, jangan lupa membawa jaket atau pakaian penghangat tubuh atau sejenisnya. Bahkan mas Alid (udah pada tau kan siapa dia?) suka bawa sarung waktu jalan-jalan kenegeri orang, dan dia pake waktu tidur (dikira slimut kali ya) hehe. Dijamin pakaian/jaket sangat membantu ketika sedang beristirahat, apalagi dimasjid yang kebanyakan hanya menggunakan ubin, pastinya dingin dan khawatir masuk angin kan.

Bawa terminal (optional)

Jangan anggap ini terminal bus apalagi terminal bandara ya..itu lo alat yang bisa dipake buat cabang colokan listrik -entah dalam bahasa kamu disebut apa-. Tapi meskipun penting bagi sebagian orang, ada juga orang yang beranggapan barang ini tidak terlalu penting khususnya bagi mereka yang enggan menggunakan peralatan elektronik secara berlebih ketika jalan-jalan.

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Colokan cabang tiga
Tapi jaman sekarang kayaknya semua serba elektronik deh, apalagi yang kebiasaan dikit-dikit foto pasti butuh energi listrik kan dan meskipun membawa power bank saya rasa nggak bakal tahan lama listrik yang ada di PB tersebut.

Jaga Kesehatan

Entah kenapa saya justru memprioritaskan kesehatan pada nomor 5 ini..hehe tapi jangan ditiru lo bagaimanapun kesehatan itu yang paling utama ya.. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menjaga pola makan sampai menjaga pola tidur.
roi
Jangan asal-asalan memilih tempat yang kotor untuk istirahat. Intinya meskipun menginap ditempat umum dan gratis tetap harus pilih-pilih lo. O iya jangan lupa bawa obat-obatan sesuai kebutuhan, minyak-minyak, salep atau koyo dan lain sebagainya buat persiapan. Kan lebih baik mengobati dari pada dibiarkan, hehe.

Sesuaikan dengan diri sendiri

Dari beberapa tips diatas yang saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi saya, rasanya kurang sempurna dengan tambahan pengalaman pribadi masing-masing orang. Jika ada yang kurang mohon harap maklum. Silahkan tambahkan tips bermalam versimu dikolom komentar ya.
Oke, sekian tulisan singkat saya harap dimaafkan kalau berlebihan atau kekurangan...
Terima Kasih.

8 Oct 2016

Memesan tiket kereta api via web atau aplikasi?

Hayoo siapa yang doyan jalan-jalan naik kereta api?, bukan mau ngajak atau ngasih tiket cuma-cuma lo ya.. saya cuma mau nanya doang kog..hehe

9 Aug 2016

Perbedaan KRL dengan Kereta Api Jarak Jauh

Perbedaan KRL dengan Kereta Api Jarak Jauh
Perbedaan KRL dengan Kereta Api Jarak Jauh
Hay semua, bagaimana kabarnya hari ini?, semoga sehat dan bahagia selalu ya..hehe
Nah setelah sekian lama sibuk dengan urusan dunia nyata saya balik lagi nih menulis di blog kesayangan ini. Kali ini saya ingin bercerita sekaligus berbagi pengalaman disaat saya berada di kota Bekasi Jawa Barat. Lebih tepatnya kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika menggunakan salah satu moda transportasi favorit di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ini. KRL (kereta rel listrik) atau biasa disebut oleh masyarakat dengan sebutan kereta komuter, bukan "kokmuter" lo ya..hehe.

Mungkin jika kamu saat ini atau mungkin sudah pernah ke Jabodetabek tentunya tak asing dengan moda transportasi ini kan?, nah bagi yang diluar Jabodetabek atau mungkin para pendatang baru masih "abu-abu" mengenai kereta yang satu ini. Yaudah lah sini tak jelasin dulu apa itu KRL dan seperti apa bentuk dan segala hal tentang KRL ini.

KRL (kereta rel listrik) atau kereta komuter merupakan transportasi perkotaan yang menghubungkan beberapa wilayah didaerah Jabodetabek. Transportasi kereta api ini merupakan besutan dari PT Kereta Api Commuter Jabodetabek a.k.a PT KCJ. Perusahan ini masih ada hubungannya loh sama PT KAI, hubungannya adalah PT KCJ ini adalah anak perusahaan dari PT KAI.

Sekarang balik lagi bahas sesuai judulnya yuk,, rangkaian kereta api yang digunakan untuk KRL jelas berbeda dengan kereta api jarak jauh yang biasanya kita lihat. Bedanya kereta api ini menggunakan listrik -jelas lah namanya aja kereta rel listrik- namun listriknya nggak di rel melainkan diatas dan disambungkan dengan kereta dengan menggunakan alat yang diberi nama Pantograph, ituloh yang bentuknya kotak-kotak diatas kereta yang nempel ke kabel.

Pantograph
Pantograph

Kabel atau Wire yang digunakan untuk menyuplai arus ke KRL ini menggunakan arus listrik DC sebesar 1500 volt. Untuk masalah teknis lainnya saya nggak akan bahas terlalu mendalam ditulisan ini -bikin bingung soalnya-.

Perbedaan paling menonjol berikutnya dari KRL dan kereta yang ditarik lokomotif adalah suaranya. Jelas kereta listrik lebih rendah suara dibandingkan kereta api yang ditarik lokomotif yang memanfaatkan mesin diesel sebagai sumber tenaga geraknya, sementara kereta listrik memanfaatkan energi listrik untuk menggerakkan motor listrik yang melekat di beberapa roda.

Eh, sama aja denk, sama-sama menggunakan motor listrik untuk penggeraknya, tetapi tidak semua lokomotif menerapkannya, hanya lokomotif yang menggunakan transmisi diesel elektrik saja. Justru perbedaannya di sumber tenaga listriknya. Kalau KRL sumber energi listriknya berasal dari luar (listrik PLN), sementara lokomotif energi listriknya diproduksi sendiri dalam lokomotif menggunakan mesin diesel dan generator yang kemudian energi listriknya digunakan untuk menggerakkan motor di tiap roda lokomotif. *tergantung tipe dan jenis lokomotifnya.

Perbedaan KRL dengan Kereta Api Jarak Jauh
Mesin lokomotif jika dibandingkan dengan manusia :D
Selain suara, perbedaan berikutnya adalah interiornya, lebih tepatnya fasilitas tempat duduknya. Nah, untuk urusan ini kereta api jarak jauh yang ditarik lokomotif memiliki tempat duduk yang lebih banyak, jalaslah kan perjalanannya jarak jauh masak disuruh berdiri kan nggak manusiawi.

Interior KA Ekonomi
Interior KA Ekonomi AC "Split"

Sementara untuk kereta rel listrik (kereta komuter) memiliki tempat duduk yang sedikit dan lebih banyak tempat untuk [pegangan] penumpang berdiri. Hal tersebut tentunya didasari dengan banyak hal, mulai dari jarak antar stasiun yang relatif dekat, kemudahaan akses keluar masuk kereta, serta dapat menampung banyak penumpang didalamnya.

Interior KRL
Interior KRL, banyak pegangannya !

Jika dihitung 1 kereta penumpang untuk kereta api jarak jauh dapat menampung maksimal 106 penumpang untuk kelas ekonomi yang menggunakan AC Split. Berbeda lagi jika kereta api tersebut menggunakan rangkaian kereta ekonomi yang menggunakan AC Sentral, kelas Bisnis, atau kelas Eksekutif. Tentunya jumlah tempat duduknya semakin lebih sedikit yang diimbangi dengan pelayanan serta fasilitas yang lebih baik.

Sedangkan untuk 1 kereta penumpang untuk kereta rel listrik (kereta komuter) mampu menampung hingga 250 penumpang yang 60 diantaranya menggunakan fasilitas tempat duduk dan selebihnya merupakan penumpang berdiri.


Mungkin hanya beberapa hal tersebut yang bisa saya bagikan mengenai perbedaan dari KRL (kereta rel listrik) dengan kereta api jarak jauh yang ditarik lokomotif.
Sekian kurang lebihnya saya mohon maaf, silahkan kalau mungkin ada pertanyaan bisa kok via komen dibawah, atau mungkin lebih bersifat pribadi silahkan kontak saya disini :)

Terima kasih.


sumber & referensi:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/11/Kamandaka-Int01.JPG
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/8d/Keio6000_inside.jpg

5 Aug 2016

"Nenen Nyok" Kafe dengan Menu Susu Berbagai Rasa

Sebelumnya jangan salah prasangka dulu ya sama judulnya, toh emang nama tempatnya seperti itu. Jadi jangan berpikiran buruk dulu ya..hehe

"Nenen Nyok" Kafe dengan Menu Susu Berbagai Rasa
Nenen Nyok!!

Jadi ceritanya lagi bingung nih malam minggu mau keluar dan menghabiskan waktu kemana. Barulah sekitar habis isya rencana nongkrong yang dibikin secara dadakan pun langsung diterapkan. Perjalanan dimulai dari kampus dengan menggunakan mobil sewa online menuju suatu kafe didaerah Bekasi Timur.

Kafenya kalo nggak salah beralamatkan di jalan Agus Salim Kota Bekasi, letak persisnya saya sedikit lupa #efektugasakhir. Nenen Nyok namanya, nah ditempat yang memiliki 2 lantai dengan konsep warna merah putih ini ternyata sudah penuh dengan para penikmat susu yang juga doyan begadang, memang sih soalnya kan malam minggu, jadi ya wajar saja tempatnya ramai. Bahkan kami (saya, ditemani dengan 7 teman) musti masuk dalam daftar pencarian orang waiting list *ngantri.

"Nenen Nyok" Kafe dengan Menu Susu Berbagai Rasa
Temboknya dilukis vro !

Nah setelah menunggu kurang lebih 15 menit barulah saya dan ke 7 teman saya mendapatkan tempat duduk. Tempat duduk yang ada dikafe ini dibuat dengan sederhana, sesuai dengan temanya dari toko yang sederhana pula, hanya berupa tempat duduk kayu tanpa spons. Tempatnya nggak terlalu luas tapi punya 2 lantai, ya kira-kira kalo terisi penuh kurang lebih 150-an orang #mungkin.

"Nenen Nyok" Kafe dengan Menu Susu Berbagai Rasa
Ini yang diteras, belum yang didalam + lantai2

Waiters datang sambil meletakkan menu yang isinya nama/rasa dari susu yang ingin dinikmati, mulai dari rasa susu murni hingga rasa Taro. Untuk ukurannya ada 2 macam ukuran, yakni dengan menggunakan gelas nanggung dan gelas gede. Harganya ya lumayan lah menurut saya. Minuman susu ini juga bisa ditambahkan dengan berbagai topping diatasnya seperti es krim, orea, dan keju. O iya bagi kamu yang nggak doyan atau alergi dengan susu tenang aja ya, soalnya ditempat ini juga masih menjual menu non milk kok, seperti jus strawberry, teh dengan berbagai rasa dan tentunya ada juga air mineral. Untuk minuman saya memutuskan memilih susu rasa strawberry dengan topping es krim dan menggunakan ukuran nanggung.

"Nenen Nyok" Kafe dengan Menu Susu Berbagai Rasa
menu minumnya, dibaliknya ada menu makanannya #lupa
Selain menjual susu beraneka rasa dan juga minuman lain, ditempat ini juga menyediakan menu makanan, seperti sosis bakar, kentang goreng, chiken katsu dan menu makanan lainya. Kebetulan saya dan teman-teman saya memesan sosis bakar dan kentang goreng.

"Nenen Nyok" Kafe dengan Menu Susu Berbagai Rasa
Kentang goreng + saus
Mungkin itulah sekelumit cerita saya untuk menghabiskan malam minggu bersama pacar teman-teman saya di Nenen Nyok. Maaf lo kalo ada salah kata atau perbuatan, :)
Terima kasih.


4 Jul 2016

Keinginanku Memiliki Ponsel Dengan Kamera Berkualitas !

Keinginanku Memiliki Ponsel Dengan Kamera Berkualitas !

Keinginanku Memilii Ponsel dengan Kamera Berkualitas !


Assalamualaikum,
Hay sobat blogger dan para pembaca roiz.web.id sekalian, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga sehat selalu ya !.

30 Jun 2016

Sampai Jumpa Semarang !

Sampai Jumpa Semarang !
Zero
Hay pembaca sekalian, bagaimana kabarnya hari ini? semoga sehat selalu ya. O iya kembali lagi nih di blog pribadi saya roiz.web.id.

Setelah kurang lebih selama 3 bulan menjadi orang Semarang, saatnya saya berpamitan dengan kota ATLAS ini. Tepatnya pada hari senin malam kemarin (27/6), saya dan teman-teman saya berkeliling kota Semarang untuk terakhir kalinya selama 3 bulan disana. Nah, waktu itu saya ditemani dengan ke 9 rekan sekelompok saya dan juga ditemani dengan 2 alumni yakni kak Bambang dan kak Dimas. Ada dua tempat yang saya kunjungi pada malam itu, tetapi rasanya tidak pas untuk dibahas pada tulisan saya kali ini.

Inti dari tulisan ini adalah sebagai ucapan terima kasih baik kepada pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu kami di Semarang dan sekitarnya. Mulai dari kakak-kakak alumni, para pegawai terkait, hingga ibu penjaga warung nasi yang setiap hari menjual nasi untuk makan sahur dan berbuka puasa.

Selain ucapan terima kasih, saya juga meminta maaf kepada pihak yang mungkin telah saya rugikan, baik itu rekan dalam satu kelompok maupun para manusia yang bertemu saya kala itu.

Sebenarnya ada banyak kesan dan pesan yang saya dapatkan selama 3 bulan di Ibukota Jawa Tengah ini. Dari pertama berangkat, saya dan rekan sekelompok yang telat menaiki pesawat yang akhirnya harus menunggu selama 3 jam atau mungkin lebih di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kemudian pada waktu itu juga saya baru pertama kali merasakan menaiki pesawat pada saat siang hari, ternyata bagus juga pemandangan awan dan bumi dari langit, serasa lihat Google Maps #ndeso.

Kemudian saya baru tahu tempat yang paling populer di Semarang, Simpang Lima. Memang sih cuma berupa lapangan yang dilingkari oleh jalan yang terbagi ke arah tertentu, tetapi ada rasa yang berbeda ketika mengetahui tempat populer ini.

Hingga kegiatan yang jarang sekali saya lakukan, malah sering saya lakukan waktu di Semarang, contohnya nongkrong. Mulai dari kafe ternama hingga nongkrong di angkringan pinggir jalan. Selain itu pernah juga dibela-belain untuk main ke Plasa Telkom disekitaran Simpang Lima untuk mencari wifi.id yang juga menyediakan fasilitas charger, maklum laptop gak tahan lama tanpa casan.
Selain Simpang Lima ada tempat lain yang pernah saya kunjungi seperti Klenteng Sam Poo Kong, yaitu klenteng yang begitu terkenal di Semarang, yang konon merupakan klenteng pertama yang disinggahi oleh laksamana Ceng Ho.

Sampai Jumpa Semarang !
Menatap langit
O iya saya juga sempat berkeliling di daerah Kota Lama, waktu itu ditemani Adit saya playon (jogging) hingga mencapai Gereja Blenduk. Gereja ini merupakan salah satu gereja tertua di Jawa Tengah dan salah satu bangunan terpopuler di daerah Kota Lama Semarang ini.

Sampai Jumpa Semarang !
Naik gunung
Selain berwisata didalam kota, saya juga menyempatkan waktu bersama beberapa rekan saya untuk menikmati wisata alam yang ada di sekitaran Semarang, mulai dari beberapa pantai hingga pegunungan. Bagi yang penasaran pantai dan gunung apa yang pernah saya kunjungi bisa klik link dibawah ini ya!
Tapi ada beberapa tempat yang belum saya kunjungi, seperti MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah), dan Lawang Sewu. Memang saya di Semarang tidak diperuntukkan untuk menghabiskan waktu untuk berlibur jadinya ya tidak semua tempat saya kunjungi. Padahal jika dihitung berdasarkan jarak tempuh, lokasi kontrakan dengan Lawang Sewu tidak lebih dari 3 kilometer. Bahkan saking dekatnya saya juga pernah playon ke daerah sekitaran Tugu Muda ini bersama Bayu.

Selain berwisata ketempat-tempat menarik, saya juga berkesempatan masuk ke lokasi-lokasi yang berhubungan dengan ilmu Perkeretaapian, seperti Depo Lokomotif, Depo Kereta, Stasiun-Stasiun di wilayah DAOP 4 Semarang. Bisa dibilang wajar jika saya berkunjung ke tempat-tempat yang menurut sebagian orang kurang menarik ini, karena demi menuntaskan perkuliahan ini saya musti mengunjungi dan belajar dari beberapa tempat tadi.

Waktu itu juga saya bersama rekan sekelompok pernah berkunjung ke Boyolali untuk menghadiri undangan dari salah satu rekan satu angkatan saya yang kebetulan waktu itu sang ibu dari rekan saya tersebut baru balik Umroh.

Sampai Jumpa Semarang !
Boyolali
Kemudian sempat berkeliling di sekitaran Boyolali dan mengambil gambar dibeberapa tempat dikota susu tersebut. O iya terima kasih mbak Ica yang telah mengundang kami mampir kerumahnya, makan-makan sampai siang hari, kemudian di ajak berkeliling sejenak mengitari Boyolali.

O iya berkat 3 bulan di Semarang, saya bisa mengendarai motor dengan kopling, maklum karena dirumah tak memiliki motor kopling jadinya ya sekalian belajar dan menambah skill mengendarai motor kopling disana, #gakpenting.

Sedikit tulisan singkat saya yang secara khusus saya tulis agar tidak melupakan sejarah yang pernah saya lakukan di kota ini. Terima kasih kepada rekan sekelompok, Adit, Ayunda, Bayu, Bang Fer, Daeng, Fuji, Ferizky, Bang Saham, yang telah menjalani kegiatan PKL ini dengan penuh suka cita.

Terima kasih DAOP 4 Semarang.