Hai para pembaca sekalian, bagaimana kabarnya hari ini?, semoga sehat selalu dan menyenangkan ya..
Nah mumpung lagi di Semarang saya kemarin sempat main ke salah satu bengkel lokomotif kereta api yang ada di wilayah DAOP 4 Semarang. Penasaran kan bagaimana bengkel lokomotif kereta api ini yuk simak ulasan dibawah ini.
Pertama kali masuk tempat ini memang tak terlihat seperti bengkel-bengkel pada umumnya, karena lokasi dari perawatan dan pemeliharaan lokomotifnya dilakukan didalam bangunan yang tertutup jadi ya kelihatannya cuma ada parkiran, pos satpam dan tulisan "DEPO LOKOMOTIF SEMARANG PONCOL" saja.
Setalah bertemu dengan pak saptam untuk izin memasuki dan bertemu dengan salah satu pegawai didalamnya saya dan Bayu masuk ke dalam wilayah depo tersebut. O iya saya ke depo lokomotif ini ditemani dengan Bayu teman sekelas saya yang juga satu bidang pada kelompok kami.
Oke lanjut, setelah masuk dan bertemu dengan pegawai setempat guna mendapatkan izin untuk mengobrak-ngabrik melihat tempat ini saya dan bayu langsung berkeliling mengitari tempat yang tidak semua orang diizinkan untuk memasukinya tersebut.
Nah yang namanya perawatan dan pemeliharaan lokomotif kereta api pastinya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang bejibun dan tentunya gede dan berat, secara gitu kan berat lokomotif juga lumayan tidak ringan. #eh
Gate Crane
Fasilitas yang pertama saya lihat adalah
Gate Crane yaitu alat angkat tetapi yang bentuknya kayak gapura tapi bisa bergerak maju mundur sesuai lintasannya. Depo lokomotif ini memiliki 2 unit
Gate Crane yang mampu untuk mengangkat beban maksimal 5 ton lo !.
|
Gate Crane |
Lifting Jack
Selain alat angkat yang bentuknya kaya gapura ada juga alat angkat yang posisinya dibawah dan tentunya bentuknya cukup besar, tinggi dari
Lifting Jack ini sekitar 2 meter dan biasa digunakan untuk mengangkat bodi dari lokomotif maupun KRD.
|
Lifting Jack |
Untuk
Lifting Jack yang terdapat di depo lokomotif ini memiliki 4 unit yang dapat mengangkat hingga 30 ton untuk 1 unitnya, jadi beban maksimal yang daat diangkat sekitar 120 Ton. Kalau istilah pada dunia otomotif biasa menyebutnya "dongkrak". Hehe
Gerbong Penolong (NR)
Terus ada lagi fasilitas lain yakni Gerbong Penolong, unik ya namanya kok gerbong penolong. Gerbong Penolong ini fungsinya ya sesuai namanya "
nolong" waktu terjadi musibah atau kecelakaan kereta api. Didalam gerbong ini terdapat berbagai macam alat evakuasi, mulai dari dongkrak, mesin las, kemudian peralatan lain yang mendukung proses evakuasi kecelakaan.
|
Kereta penolong |
Sepur kolong dan perawatan
O iya sama halnya seperti bengkel pada umumnya di depo lokomotif ini juga terdapat kolong perawatan yang biasa disebut dengan
sepur kolong, sepur kolong ini digunakan untuk merawat bagian bawah dari lokomotif seperti bogie, alat pengereman dan segala jenis perangkat lokomotif yang terdapat dibagian bawah.
|
Sepur kolong |
High Speed Diesel (Solar Lokomotif)
Setelah berkeliling saya juga sempat melihat proses pengisian bahan bakar minyak untuk lokomotif. Lokomotif diesel menggunakan bbm jenis solar, tetapi pihak PT KAI menamai solar tersebut dengan nama HSD (
High Speed Diesel).
|
proses pengisian HSD #maafkurangfokus |
O iya sudah pada tahu belum berapa kapasitas tangki bbm yang terdapat di lokomotif?. nah pada umumnya satu lokomotif mempunyai tabung HSD yang dapat menampung hingga 3500 liter HSD dan biasanya dalam satu kali pengisian lokomotif ini diisi sebanyak 1000 liter HSD bahkan lebih.
Gudang lokomotif dan gerbong
Nah, selain beberapa fasilitas yang sudah disebutkan diatas depo ini juga dijadikan sebagi tempat penimbunan lokomotif dan gerbong yang sudah tidak dipakai. Mulai dari lokomotif yang memang sudah berumur dan tidak terpakai serta ada juga KRD yang sudah tidak terpakai. Dan keseluruhan lokomotif maupun KRD yang tidak terpakai ini kondisinya sudah rusak parah.
|
KRD Mangkrak |
Ada satu hal yang mungkin banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang keberadaan meja putar atau
Turn Table yang terdapat di DEPO Lokomotif Semarang Poncol ini.
Baca Juga: Jalan-jalan ke Dipo Lokomotif Jatinegara
Meja putar disini mirip sekali dengan meja putar yang terdapat di Depo Lokomotif Jatinegara, tetapi kondisinya saat ini kurang terawat dan kelihatannya tidak pernah dipergunakan untuk memutar lokomotif.
|
Meja Putar |
Nah, hanya itu yang bisa saya ceritakan saat saya mengunjungi bengkel lokomotif di Semarang ini, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum wr. wb. #eh *formal banget* :D
12 komentar
wih jadi mau dong ke sana, kayaknya seru ya
Beruntung deh Mas Roiz diizinkan masuk ke dalam bengkel untuk melihat-lihat. Jadi nambah pengetahuan dan bertambah pula cerita yang bisa dibagi di blog ini
wahh, asik bisa main ke bengkel lokomotif gini,, Jadi pengen cari tahu untuk daerah tempat tinggal saya apakah ada gk ya.. :)
Seru banget..hehe bisa lihat langsung isi perut lokomotif.. #eh :D
terus lihat berbagai peralatan yang jarang ditemui di bengkel kendaraan umum mbak :)
Iya mbak...buat nambah pengetahuan serta informasi ...sekalian ditulis biar nggak cuma saya saja yang tau..ya meskipun tulisan alakadarnya :D
terima kasih mbak evi telah berkunjung... :)
Kalo di medan ya...di Medan ada kayaknya mas..hehe
coba tanya-tanya barangkali boleh melihat seluk beluk perawatan maupun perbaikan lokomotif disana :)
Wah beruntung sekali bisa mengunjungi bengkel lokomotif mas. Sayang ga dibuka secara umum. Kalau main kesini lagi aku mau banget lho mas diajak. #berharap
hahaha iya mas.. saya si mau mas ngajaknya..tapi kuatir malah dikira apa-apa ntar sama orang deponya :D #eh
kalo di jogja juga ada kayaknya mas..
asik yah mas roiz bisa keliling wisata pas ramadhan kayak gini
hehehe alhamdulillah sekalian wisata sekalian menuntut ilmu..:)
bisa masuk ke sana ya Roiz, itu izin biasa aja gitu ya, enaknya tau daleman lokomotif kita
Bisa mbak ev..soalnya lagi PKL juga si,,jadinya surat-surat di cek juga :D..
Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)
EmoticonEmoticon