8 Okt 2016

Memesan tiket kereta api via web atau aplikasi?

Hayoo siapa yang doyan jalan-jalan naik kereta api?, bukan mau ngajak atau ngasih tiket cuma-cuma lo ya.. saya cuma mau nanya doang kog..hehe

Bagi para pelancong hemat seperti saya, memilih moda transportasi yang akan digunakan untuk menuju lokasi yang akan dikunjungi merupakan hal yang wajib dan mutlak dilakukan. Ya memang ribet sih musti pilih sana pilih sini buka situs itu buka situs ini tapi nggak papa, wajar kan hal itu dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang berlebih untuk biaya perjalanan (tiket).

Prioritas utama saya waktu akan melakukan perjalanan jarak jauh adalah menggunakan transportasi kereta api, kalau tiket kereta api sudah habis prioritas berikutnya adalah bus, kalau harga tiket bus ugal-ugalan kemungkinan saya lebih memilih tiket pesawat yang harganya bisa bersaing dan yang jelas cepat sampai ditujuan.

Oke, kembali kejudul, biasanya saya memesan tiket kereta api paling tidak satu minggu sebelum hari keberangkatan, ya itupun sudah buanyak yang habis jadinya musti pilih-pilih lagi biar pengeluaran benar-benar terjaga. Bahkan saya juga sering menggunakan kereta api tetapi harus transit berkali-kali di beberapa stasiun sampai dengan stasiun yang dekat dengan tujuan.

Nah untuk pemesanan tiketnya, biasanya saya lakukan melalui situs resmi penyedia jasa transportasi kereta api, sudah pada tau kan alamat webnya?, ituloh tiket.kereta-api.co.id. Tetapi semenjak munculnya aplikasi pemesanan tiket kereta api saya mulai beralih memanfaatkan aplikasi tersebut. O iya nama aplikasinya KAI Access, silahkan dicari sendiri ya di Appstore, maupun Playstore.

Memesan tiket kereta api via web atau aplikasi?
Dari sisi kemudahan, jelas penggunaan aplikasi untuk pemesanan lebih mudah karena tidak perlu banyak mengisi kolom-kolom identitas seperti saat memesan via web resminya. Tetapi dari segi performa dan kestabilannya saya lebih memilih memesan tiket via web resmi. Nah, dari perbedaannya berikut ini saya tuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan memesan tiket kereta api via web dan via aplikasi.

Baca Juga: Cara Memesan Tiket Kereta Api Di Situs Resmi PT KAI

Aplikasi sering error ketika akan memesan tiket

Yang pertama adalah salah satu kekurangan dari aplikasi pemesanan tiket kereta api yang sering kali mengalami error dan menutupnya aplikasi secara tiba-tiba. Entah masalah ini masih kerap kali terjadi padahal terakhir saya menggunakan aplikasi ini saya sudah melakukan update aplikasi dengan menggunakan versi terbaru. Hal ini juga biasa terjadi ketika sedang memilih kereta api mana yang akan kita pesan tiketnya dan ketika menyentuh tulisan "Lanjut" secara tiba-tiba aplikasi langsung tertutup.
Memesan tiket kereta api via web atau aplikasi?
Sentuh "Lanjut"

Memesan via aplikasi susah menentukan tempat duduk

Sebelum dilakukan update aplikasi, keluhan terbanyak dari pengguna aplikasi ini adalah tidak bisa memilih tempat duduk. Dan setelah mendapatkan update versi terbarunya saya rasa masalah tersebut sudah teratasi, meskipun kadang kala masih agak susah untuk memindah posisi tempat duduk awal ke tempat duduk yang saya mau.

Jika mepet hari keberangkatan pemesanan via aplikasi bisa diandalkan

Memesan tiket kereta api via web atau aplikasi?
Tersedia
Nah, saya biasanya memesan tiket menggunakan aplikasi jika hari keberangkatan hanya berselang 1-3 hari. Jika memesan via web resminya saya sudah tidak bisa melakukan pemesanan dan di situs tersebut hanya tertera tulisan "Tersedia", artinya ketersediaan tiket masih ada tetapi tidak bisa dipesan melalui web dan harus memesan secara langsung di loket yang ada di stasiun, gerai pemesanan tiket, Indomaret & Alfamart, atau melalui aplikasi. Saya lupa batas pemesanan yang bisa dilakukan via web resminya, nanti kalau saya sudah dapat info tak update deh tulisannya -maaf-. 

Alternatif lain

Memesan tiket kereta api via web atau aplikasi?
Loket Stasiun (Sumber: pipietlarasatie.wordpress.com)
Memang ketersediaan website resmi dan juga aplikasi pemesanan tiket memudahkan calon pengguna untuk melakukan pemesanan secara mandiri. Tetapi saya rasa tidak semua orang bisa melakukannya, apalagi jika calon penumpangnya adalah orang yang sudah berusia lanjut dan orang yang baru akan mencoba menggunakan transportasi ini. Saya rasa alternatif pemesanan tiket yang lain seperti pemesanan secara langsung di loket stasiun, mini market, dan juga gerai penjualan tiket masih sangat dibutuhkan.

Jadi, pemesanan tiket kereta api tergantung dengan kebutuhan dan kondisi seseorang yang akan melakukan perjalanan.

Terima kasih :)

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)
EmoticonEmoticon