23 Okt 2016

Tips Bermalam Ditempat Umum

Tags


Tips bermalam ditempat umum. Kadang kala disaat saya jalan-jalan saya suka bingung nyari tempat buat istirahat, bermalam ataupun bebersih badan. Harap maklum biasanya saya lebih suka tempat yang bisa digunakan tanpa dipatok biaya (gratis), atau paling mepet ya harus keluar uang seminim mungkin lah. Kalau sudah seperti ini alternatifnya adalah memanfaatkan tempat umum yang ada di daerah tersebut. Tempat-tempat beristirahat pun juga bermacam-macam, mulai dari kursi ruang tunggu di stasiun/terminal, Musholla/Masjid, Pom bensin, bahkan ada juga yang sempat heboh adalah di ruang Automatic Teller Machine (ATM), tapi saya belum pernah mencoba yang terakhir yang saya sebutkan loh ya, hehe.

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz

Nah, dari sekian banyak pilihan tempat umum yang bisa dimanfaatkan, saya lebih memilih menggunakan tempat ibadah, dan dalam hal ini saya adalah seorang muslim jadinya ya Musholla atau Masjid yang saya jadikan pilihan utama. Alasan memilih tempat ibadah adalah selain murah (bahkan gratis), saya juga tidak perlu bingung apabila ingin bebersih badan maupun melakukan aktifitas di kamar kecil. Selain itu saya juga tidak perlu khawatir bangun kesiangan karena setiap adzan subuh pasti bisa bangun atau mungkin dibangunkan oleh takmir masjidnya #ngerepotin.


Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Menginap di Masjid di daerah Madiun
Dari sekian banyak tempat bermalam dan segala macam keuntungan yang didapat, tentunya masih ada kekhawatiran kan soal keamanannya, jelas karena tempat-tempat yang saya sebutkan tadi adalah tempat-tempat umum yang semua orang dapat dengan mudah mengaksesnya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin sudah menjadi rahasia umum setiap orang yang akan bermalam di tempat umum, tetapi apa salahnya tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya kan.

Pastikan lokasinya

Meskipun dalam kondisi lingkungan yang umum bukan berarti semuanya memiliki tingkat keamanan yang sama, selain itu tempat-tempat umum juga memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Nah biasanya saya lebih memilih tempat umum yang aman meskipun tidak terlalu nyaman, atau syukur-syukur tempatnya aman sekaligus nyaman terus gratis pula #maunya. hehe

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Jangan diatas karpetnya lo !

O iya saya sarankan bagi siapa saja yang berencana menginap di tempat ibadah (Masjid/Mushola) jangan sampai tidur diatas sajadah/karpetnya ya, cukup tidur diluar (lantai) beralaskan jaket atau sarung bawaan sendiri. Kan nggak enak kalo waktu tidur ngiler di karpet tempat sholat, apalagi sampai ngompol jadi ribet bakalan nantinya kan.

Amankan barang

Hal berikutnya yang menurut saya paling penting ketika akan beristirahat atau menginap di tempat umum adalah mengamankan barang bawaan. Meskipun dipastikan tempatnya aman kan sebagai pendatang juga belum tahu secara pasti kalau tempat tersebut benar-benar aman atau tidak. Bahkan saking takutnya kehilangan barang bawaan, saya pernah masuk ke kamar kecil sambil membawa tas yang isinya seabrek dan lumayan berat, jadinya ya bingung sendiri waktu masuk ke ruangan kecil sambil bawa tas yang gede.

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Amankan barang-barangmu !
Setiap orang pasti nggak mau kan posisi jauh dari rumah dengan membawa barang bawaan yang cuma ada dalam tasnya terus hilang?, pasti bingung, sedih dan bercampur-campur rasa melasnya.

Bawa pakaian yang dapat menghangatkan tubuh

Bermalam ditempat umum pastinya memiliki kekurangan salah satunya yaitu kondisi udara yang terpapar langsung tanpa adanya penahan berupa tembok atau bangunan, tapi saya rasa ada juga kok tempat umum yang masih manusiawi yang nggak kayak dihutan, hehe. Lanjut, selain suhu udara biasanya ditempat umum juga cukup banyak nyamuk yang berkeliaran dan mengganggu waktu istirahat.
Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Pakai sarung biar anget :D
Nah, dari pada kedinginan dan kegatelan alangkah baiknya jika sebelumnya sudah memiliki rencana menginap atau bermalam di tempat umum, jangan lupa membawa jaket atau pakaian penghangat tubuh atau sejenisnya. Bahkan mas Alid (udah pada tau kan siapa dia?) suka bawa sarung waktu jalan-jalan kenegeri orang, dan dia pake waktu tidur (dikira slimut kali ya) hehe. Dijamin pakaian/jaket sangat membantu ketika sedang beristirahat, apalagi dimasjid yang kebanyakan hanya menggunakan ubin, pastinya dingin dan khawatir masuk angin kan.

Bawa terminal (optional)

Jangan anggap ini terminal bus apalagi terminal bandara ya..itu lo alat yang bisa dipake buat cabang colokan listrik -entah dalam bahasa kamu disebut apa-. Tapi meskipun penting bagi sebagian orang, ada juga orang yang beranggapan barang ini tidak terlalu penting khususnya bagi mereka yang enggan menggunakan peralatan elektronik secara berlebih ketika jalan-jalan.

Tips Bermalam Ditempat Umum Ala Roiz
Colokan cabang tiga
Tapi jaman sekarang kayaknya semua serba elektronik deh, apalagi yang kebiasaan dikit-dikit foto pasti butuh energi listrik kan dan meskipun membawa power bank saya rasa nggak bakal tahan lama listrik yang ada di PB tersebut.

Jaga Kesehatan

Entah kenapa saya justru memprioritaskan kesehatan pada nomor 5 ini..hehe tapi jangan ditiru lo bagaimanapun kesehatan itu yang paling utama ya.. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menjaga pola makan sampai menjaga pola tidur.
roi
Jangan asal-asalan memilih tempat yang kotor untuk istirahat. Intinya meskipun menginap ditempat umum dan gratis tetap harus pilih-pilih lo. O iya jangan lupa bawa obat-obatan sesuai kebutuhan, minyak-minyak, salep atau koyo dan lain sebagainya buat persiapan. Kan lebih baik mengobati dari pada dibiarkan, hehe.

Sesuaikan dengan diri sendiri

Dari beberapa tips diatas yang saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi saya, rasanya kurang sempurna dengan tambahan pengalaman pribadi masing-masing orang. Jika ada yang kurang mohon harap maklum. Silahkan tambahkan tips bermalam versimu dikolom komentar ya.
Oke, sekian tulisan singkat saya harap dimaafkan kalau berlebihan atau kekurangan...
Terima Kasih.

18 komentar

Hahaha, masa ngiler di karpet Masjid, nanti yang sujud pada pingsan!

Kalo saya istirahat paling di Masjid dan pombensin, atm 🏧 belum pernah, lagian aneh-aneh aja ya, atm seuprit gitu dipake buat istirahat, ya sumpek dong.

Kalo pun barang bawaan, biasanya saya kantongin semua, dompet, kunci motor, hape dan uang receh

Mushola/mesjid, POM bensin, dan rest area sampai di halaman mini market sudah saya lakukan :)

Di ATM juga sudah lho! Cuma gak nginep, istirahat beberapa jam doang, ngadem AC. Soalnya belum gelar sarung, eh, satpam udah datang, langsung dech ngibrit, hahaha!

hahaha iya mas hen..pasti sedap tu baunya. wkwwk

tapi nyatanya atm itu nyaman lo mas...ber AC wkwkwk

kalo saya pom bensin belum pernah mas..hehe

hahaha sama mas..paling cuma ngafem itupun gak lebih dari 15 menit..hehe

eh maaf ini mas atau mbak?..hehe

Ada lagi trik nyeleneh, kita pura-pura ngantri di jam sibuk di bank yang antriannya panjang, kayak BRI atau mandiri, nanti kalo udah deket nomor antriannya, keluar lagi deh, hahahahahahahahaahaha...

hahahah berarti nggak ngonep itu mas...cuma ngadem..hehe

Nice sharing om, bisa ane praktekin nih kapan kapan :D

Model beginian yang belum kuat, saya mah melipir ke penginanap murah aja hehehe

hahaha siip..silahkan saja,,,.tapi ingat sob jaga kesehatan itu penting..hehe

Haahaha lebih baik jangan ditiru deh bang Bai,,.hehe
kecuali kalo terpaksa dan sudah biasa...hehe

sepertinnya bawa terminal merupakan barang wajib mas hehe,

Ngemeng ngemeng, sudah coba cara tidur yang nomor satu ngak bang? hehehehe

Hehehe kalo perjalanan lebih dari 3 hari biasanya saya mewajibkan barang ini di bawaan saya masbidin :)

di ATM mbak Nurul?, Belum pernah...malu diliatin cctv haha :D

Eh busyet itudi ruang ATM ??? enak banget pake AC hahaha
Kalo gw biasa nebeng di mesjid

Gak kena gusur tuh kalo di atm? Modal hammock aja mas..tinggaal cari pohon buat gelayutan..hahaha

boleh juga nih gan tipsnya...bisa dicoba pas mudik atau backpacker...dari pada di hotel...

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)
EmoticonEmoticon